Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

1/09/2013

10 tips melindungi komputer

Untuk melindungi komputer anda dari serangan hacker, atau disini maksudnya cracker, karena cracker adalah merusak (kita sering salah menilai tentang hacker) ikuti tips-tips yang mungkin berguna bagi anda.




1. Langkah pertama nonaktifkan remote Access caranya : klik kanan pada “My Computer” & pilih Properties. Maka ada tampilan “System Properties”, kemudian pilih tab “Remote”, singkirkan/hilangkan tanda (V) yg ada didepan semua option yang ada untuk menonaktifkannya. Kemudian klik “OK”.


2. Tutup celah NetBIOS : karena File-file dokumen anda bisa diakses melalui Internet maka nonaktifkanlah NetBIOS.
caranya :
Dlm menu Start, klik kanan pada “My Network Place” & pilih “Properties”. Maka ada tampilan “Network Connections”. Kemudian klik kanan icon koneksi internet yg tersedia, pilih “Properties”. Jika ada tampilan, pilih tab “Networking”. Beri tanda ( V ) yg ada didepan “Internet Protocol (TCP/IP), kemudian klik tab “Properties” yg ada dibawahnya. Maka ada tampilan “Internet Protocol (TCP/IP) Properties”, pilih tab “Advanced”. Tampilan ada lagi “Advaced TCP/IP Settings”, pilih tab “Wins”, lalu pilih “Disable NetBIOS over TCP/IP. Klik ‘OK”.
3. Menghapus User Account yang tidak terpakai : caranya untuk Windows XP Professional'kan terdapat beberapa user account yang dapat diakses melalui trojan dan dimanfaatkan untuk melakukan penyerangan. Untuk menyingkirkannya pilih menu Start, pilih Control Panel,  lalu pilih Performance and Maintenance. Kemudian pilih Administrative Tools, lalu Klik 2 kali Computer Management. Pilih Local Users and Groups, pada sisi kanan klik 2 kali pd bagian Users. Hapuslah account-account lama yang tidak anda gunakan ( gambar users yg ada tanda X ). Kemudian tutuplah tampilan-tampilan tadi.

4. Rajin-rajinlah buka task manager, karena biasanya akan muncul sebagai aplikasi atau proses yang berjalan pada task manager anda.

5. Menghapus komponen COM yang tidak dibutuhkan pada Windows 2000/XP. Beberapa komponen COM yang tidak dibutuhkan oleh hampir semua aplikasi harus dihapus. INGAT !! Pertimbangkan dulu sebelum Anda menghapusnya karena setiap komponen saling berhubungan degan file system dan dictionary object. Dalam menu Start pilih Internet Explorer, pada menu”Tools” pilih “Internet Options. Jika ada tampilan, pilih tab Connections. Didalam Dial-up and Virtual Private Network Setting” hapus COM yang tidak dibutuhkan dengan mengkliknya lalu pilih Remove. Kemudian klik OK.

6.  Mengaktifkan Firewall : Agar Cracker tidak sampai ke PC anda, dibutuhkan sebuah Firewall. Dengan Firewall, anda dapat memblokir beberapa port yg kerap diserang Cracker. Kami sarankan anda memakai McAfee Personal Firewall Plus, McAfee Internet Security Suite dan ZoneAlarm.

7. Menggunakan antivirus yang handal dalam penangkalan hacker, jangan pilih antivirus yang hannya melindungi dari virus-virus dan lainnya tetapi menangkal serangan Script dari website.

8. Hati-hati jika anda chating di MIRC, Amankan dulu komputer anda jika anda ingin chating MIRC, baiknya terapkan tips di atas terlebih dahulu.

9. Gunakanlah AntiLogger yang bisa anda cari di google, untuk menghindari memonitor aktivitas2 anda. sehingga apa yang anda ketik dari mulai password dan lain sebagainnya itu akan ketahuan oleh cracker tersebut.

10. Penyalahgunaan CGI Shell pada Unix/Linux => Ada beberapa cara yg cukup ampuh utk menanggulanginya :
  • Anda pasang Chrooted-Jail pada Apache anda sehingga perintah yg dapat dijalankan dapat anda batasi.
  • Utak-atik Source Code dari fasilitas CGI yg akan anda berikan misalnya Perl, kemudian anda matikan fasilitas fungsi system...
  • Minimalisasi terjadinya eksploit local pada sistem anda dgn sering mengutak-atik & mengikuti perkembangan berita seputar sekuriti.

CATATAN : Tips ini telah dipraktekkan pada Windows XP.

0 komentar:

Poskan Komentar